Project | Idea Connect

Inisiator School

Menentukan Proyek

Apakah Anda memiliki karya buku, film, atau perangkat lunak? Ataukah Anda berencana menjalankan penelitian atau event? Semua dapat diwujudkan sebagai proyek di IdeaConnect. Sebagai Inisiator, langkah awal Anda adalah menentukan apa proyek yang akan Anda jalankan. IdeaConnect akan membantu mewujudkannya. Membangun proyek yang terfokus dan terdefinisi dengan baik, serta memiliki target yang jelas adalah hal utama dan penting. Sponsor dapat menilai seberapa realistis suatu proyek sesuai kemampuan Inisiator untuk menuntaskan proyeknya. Dengan tujuan yang jelas pula, Inisiator dapat menentukan seberapa besar ruang lingkup proyeknya. Hal tersebut merupakan salah satu langkah penting dalam proses kreatif. Apabila Anda ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai proyek yang akan Anda masukkan ke IdeaConnect, Anda dapat membaca "Project Guideline". Anda juga dapat melihat proyek-proyek yang pernah meraih kesuksesan melalui IdeaConnect di bagian Best Project. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan, apakah proyek Anda sesuai dengan kriteria dan bisa diikutsertakan dalam IdeaConnect.

Membuat Reward

Reward adalah penghargaan yang Anda berikan untuk sponsor yang telah memberikan dukungan terhadap proyek Anda. Anda bisa membuat sesuatu yang menarik, kreatif, dan bermanfaat berupa hadiah atau souvenir.

Reward bisa Anda buat sesuai dengan tema proyek Anda. Apabila Anda memiliki proyek berupa buku, Anda dapat memberikan buku tersebut sebagai reward kepada sponsor. Dengan demikian, sponsor juga memperoleh keuntungan dari dukungan yang telah diberikannya. Reward yang Anda buat tidak harus berharga mahal. Anda bisa membuat hadiah-hadiah sederhana tetapi memuat sesuatu yang bernilai. Reward yang Anda bagikan secara terbatas dan eksklusif juga merupakan salah satu hal menarik yang mampu mengundang sponsor. Apabila proyek Anda memang berpotensi untuk sukses, didukung dengan reward yang menarik, sponsor tidak akan ragu memberikan dukungan.

Menetapkan Tujuan Proyek

Di IdeaConnect, proyek Anda harus berhasil mengumpulkan dana sesuai target sebelum periode masa tayang proyek berakhir. Apabila tidak berhasil, dana akan dikembalikan kepada sponsor. Karena itulah, Anda harus cermat mengatur seberapa besar dana yang Anda butuhkan sehingga dapat mengumpulkan dana pada jangka waktu yang telah ditentukan. Setiap proyek memiliki karakteristik berbeda yang tentunya memiliki perhitungan dana yang berbeda pula. Namun, ada sejumlah hal yang perlu diingat.

Pertama, Anda harus menentukan besaran dana yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek Anda. Buatlah perhitungan yang rasional dan realistis sehingga sponsor mempercayai proyek Anda dan bersedia memberikan dukungan.

Kedua, proyek Anda yang potensial akan diakses oleh banyak orang. Tak hanya keluarga dan teman yang akan memberikan dukungan. Apabila proyek Anda menarik, orang-orang yang sebelumnya tidak mengenal Anda pun akan turut memberikan dukungan. Jadi, ciptakan momentum yang tepat untuk proyek Anda sehingga mampu menarik lebih banyak dukungan.

Tip Membuat Video Menarik dengan Mudah

Peluang mewujudkan mimpi semakin terbuka lebar dengan IdeaConnect. Bila Anda tertarik bergabung, satu hal yang perlu dipersiapkan adalah membuat video yang menarik. Jangan khawatir, membuat sebuah video tidak melulu menghabiskan banyak biaya. Seperti yang disampaikan Agung Subroto, Department Head of Media & Creative ECC UGM, ada beberapa tip jitu yang perlu Anda perhatikan untuk membuat video yang menarik tetapi mudah. Mau tau apa saja tipsnya? Yuk cek di bawah ini.
    1. Tentukan cerita yang hendak disampaikan
      Anda harus dapat menemukan keunggulan dan keunikan ide Anda serta bagaimana cara kerjanya. Rangkum semua itu dalam video yang akan Anda buat.
    2. Buat kerangka cerita dalam sebuah storyline
      Ada beberapa hal yang perlu Anda buat dalam storyline yaitu detil gambar, angle, serta keterangan talent di setiap adegan, di setiap detik waktu. Hal ini dilakukan agar proses shooting berjalan mudah dan cepat karena jalan cerita sudah ditentukan.
    3. Tidak terlalu panjang
      Anda tidak perlu membuat video dengan durasi waktu terlalu panjang, cukup 2-3 menit saja agar tidak menimbulkan kebosanan penonton.
    4. Gunakan alat sederhana
      Apabila tidak memiliki sumber daya yang mencukupi, Anda bisa membuat video dengan alat-alat sederhana. Webcam di laptop atau bahkan kamera telepon genggam yang memiliki resolusi tinggi dapat Anda gunakan. IdeaConnect bukan hanya melihat kejernihan gambar melainkan juga keunikan dan pentingnya ide yang diusulkan.
    5. Perhatikan pencahayaan dan suara
      Pastikan Anda membuat video dengan pencahayaan yang tepat agar gambar yang dihasilkan baik. Kejernihan suara juga perlu diperhatikan untuk memperjelas pesan yang disampaikan. Apabila Anda tidak memiliki lampu yang memadai, lakukan shooting pada siang hari yang cerah dan di tempat terbuka. Otomatis Anda tidak perlu khawatir dengan pencahayaan.
    6. Tambahkan musik
      Di IdeaConnect, tanpa tambahan musik pun tidak jadi masalah. Namun bila Anda menginginkannya, pastikan musik yang digunakan tidak melanggar hak cipta.

Bagaimana, mudahkan membuat video yang menarik? Ayo kreasi video proyek kamu dan unggah beserta ide kerenmu ke IdeaConnect.