FAQ | Idea Connect

FAQ - Inisiator

Saya bukan lulusan UGM, bisakah saya menjadi inisiator?

Untuk saat ini, kesempatan menjadi inisiator hanya terbuka untuk civitas UGM (mahasiswa, dosen, karyawan, alumni). Untuk yang berasal dari luar UGM, Anda dapat memilih menjadi sponsor atau supporter.

Saya member ECC UGM, untuk menjadi member IdeaConnect apakah harus mendaftar anggota lagi?

Setiap member ECC UGM otomatis terdaftar sebagai anggota di IdeaConnect dan tidak perlu melakukan pendaftaran ulang.Data-data tertentu dari data diri Anda di ECC UGM akan diimport ke IdeaConnect.

Bagaimana bila kategori yang tersedia di IdeaConnect tidak cocok dengan proyek saya?

Kategori di IdeaConnect masih bisa bertambah. Kami terbuka dengan masukan dari para member. Silahkan hubungi squad IdeaConnect untuk mengusulkan kategori baru. Untuk upload pertama, silahkan pilih kategori yang paling mendekati. Lalu usulkan kategori baru ke squad IdeaConnect.

Mungkin kami sewaktu-waktu dapat juga menambahkan kategori baru yang dirasa perlu.

Apakah harus inisiator sendiri yang menyelesaikan proyek?

Inisiator dapat menyertakan pihak lain untuk membantu menyelesaikan proyeknya dengan syarat inisiator tetap ikut terlibat dalam penyelesaian proyek. Hak cipta dan kepemilikan atas proyek tetap ada pada inisiator. Khusus untuk proyek berupa software, hanya boleh dijalankan sendiri oleh inisiator.

Bagaimana sponsor dan supporter mengetahui jati diri inisiator memang benar adanya seperti yang telah dideskripsikan?

Kabinet IdeaConnect akan melakukan verifikasi awal kepada inisiator sebelum menyetujui sebuah proyek untuk dipublikasikan. Verifikasi dilakukan dengan melakukan pendalaman materi dan profil inisiator via telepon, skype atau email.

Pihak Sponsor dapat pula mengecek profil inisiator yang disertakan dalam proyek. Sponsor bisa menghubungi kontak atau link yang tersedia untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai inisiator.

Apa saja informasi yang dapat ditampilkan di halaman proyek?

Di halaman proyek (project page), inisiator dapat menampilkan informasi tentang proposal proyek (video wajib dimasukkan), output yang diharapkan, progress pengumpulan dukungan, reward yang ditawarkan, perkembangan terbaru proyek (jika sukses dalam penggalangan), link dan media sosial official dari proyek dan forum komentar untuk diskusi.

Apakah video wajib dimasukkan dalam proposal proyek?

Ya. Proposal Anda akan lebih menarik dan meyakinkan dengan hardirnya video. Para sponsor dapat melihat secara lebih dekat sosok inisiator atau gambaran proyek yang akan dikerjakan. Video dapat berbicara lebih banyak dari sekedar text atau gambar.
Dengan kemajuan teknologi saat ini tidak sulit untuk membuat video. Baca panduan membuat video yang menarik di Inisiator School.

Apa yang dimaksud dengan Fund dan Force?

Inisiator dapat memilih dua bentuk dukungan yang dibutuhkan di IdeaConnect, yakni :
  • Fund : Dana tunai. Proyek Anda membutuhkan pendanaan untuk merealisasikannya. Dukungan minimal dari sponsor minimal senilai Rp 50.000,- hingga tidak terhingga.
  • Force : Dukungan dalam bentuk tenaga, waktu atau partisipasi aktif dari sponsor. Jika Anda sangat membutuhkan bantuan dalam bentuk tersebut Anda bisa memasukkan rincian jumlah, posisi/fungsinya, waktu kebutuhannya ditambah deskripsi jika perlu.
    Misalnya : Anda butuh 1 orang pembicara seminar dan 1 orang sebagai moderator.

Apakah inisiator dapat membutuhkan fund dan force sekaligus?

Dapat. Inisiator dapat memilih jenis kebutuhan baik itu fund saja, force saja ataupun keduanya sekaligus.

Bagaimana cara menyeleksi sponsor yang berminat menjadi force?

Mekanisme pemilihan seorang sponsor yang bersedia menjadi force menjadi wewenang inisiator sepenuhnya. Sangat direkomendasikan untuk melakukan komunikasi sebelumnya antara sponsor dan calon-calon force - gunakan fitur message. Mungkin perlu ada penyeragaman persepsi atau pendalaman profil calon force.

Jika inisiator sudah berkeyakinan bulat memilih seseorang menjadi sponsor force maka ia dapat melakukan approval dari halaman "sponsor" di samping profil calon force di halaman proyeknya. Sponsor akan mendapatkan notifikasi bahwa ia terpilih menjadi force di proyek yang ia ingin dukung.

Apa saja yang dapat ditawarkan sebagai reward untuk sponsor?

Reward untuk sponsor dapat dibuat sesuai kreativitas inisiator (misal ucapan terima kasih di media social, undangan eksklusif saat event, T-shirt, tote bag, topi, mug, atau souvenir lainnya). Nilai reward (note : nilai/value bukan harga) biasanya disesuaikan secara proporsional dengan jumlah dana yang diberikan sponsor. Buat reward secara eksklusif atau unik sehingga dapat berkesan dan menarik minat sponsor. Sekaligus sebagai ungkapan terima kasih.

Apakah ada batasan banyaknya reward yang ditawarkan?

Inisiator memiliki wewenang penuh untuk menentukan bentuk dan jumlah reward untuk sponsor. Reward dapat diberikan batasan jumlah (quota) sesuai keinginan sponsor jika diperlukan. Misalnya : reward berupa undangan penayangan perdana (screening) sebuah proyek film documenter yang dibatasi pada 20 seat saja.

Apakah biaya kirim reward menjadi tanggungan inisiator?

Yup. Biaya kirim menjadi tanggung jawab inisiator. Oleh karena itu pertimbangkan juga ongkos kirim reward dalam target fund sebuah proyek. Ada beberapa reward yang tidak perlu dikirim. Inisiator perlu kreatif dalam hal ini. Misalnya : mencetak nama sponsor di prototype proyek.

Apakah inisiator dapat menjalankan beberapa proyek sekaligus?

Selama proyek memenuhi ketentuan IdeaConnect, inisiator dapat menjalankan beberapa proyek sekaligus. Namun kami tidak menyarankan hal ini, karena setiap proyek butuh fokus dan waktu khusus. Sebaiknya, ajukan dan lakukan proyek satu demi satu.

Bagaimana inisiator memastikan bahwa idenya tidak akan dicuri?

IdeaConnect tidak dapat sepenuhnya menjamin ide inisiator tidak akan dicuri pihak lain. Hak cipta atas proyek sepenuhnya menjadi milik inisiator. Apabila terjadi masalah terkait hak cipta, IdeaConnect tidak memiliki wewenang untuk turut menangani masalah tersebut. Anda dapat mematenkan ide Anda terlebih dahulu jika perlu.

Dapatkah inisiator memberitahukan proyeknya kepada orang lain sebelum ditayangkan?

Hak milik dan hak cipta atas proyek ada pada inisiator sehingga inisiator berhak untuk memberitahukan proyeknya kepada orang lain walaupun belum ditayangkan di IdeaConnect.

Apabila inisiator menjalankan proyek bersama sejumlah orang lain, apakah orang lain tersebut juga merupakan inisiator?

Inisiator dapat terdiri atas perseorangan (individu) atau kelompok (organisasi) dari UGM. Inisiator adalah orang atau kelompok yang mencetuskan dan merencanakan suatu ide serta mendaftarkannya sebagai proyek ke IdeaConnect. Orang-orang lain yang hanya ikut membantu menjalankan proyek bisa jadi bukan inisiator.

Apakah inisiator bisa memuat materi yang mengandung hak cipta seseorang pada halaman proyek?

Inisiator tidak diperkenankan memuat materi pihak lain yang mengandung hak cipta kecuali telah memperoleh izin dari pemilik hak cipta.

Apa tanggung jawab inisiator dalam menjawab pertanyaan dari sponsor dan supporter?

Proyek sepenuhnya menjadi wewenang inisiator termasuk menjawab pertanyaan tentang proyek dari sponsor dan supporter. Inisiator wajib menyampaikan informasi yang benar dan tidak merugikan sponsor maupun supporter.

Dengan menjawab pertanyaan atau komentar dari sponsor dengan baik maka inisiator membuka komunikasi yang hangat sehinggan terjalin kerjasama yang positif.

Di mana inisiator dapat menemukan proyeknya di IdeaConnect?

Inisiator dapat melihat daftar dan kemajuan proyeknya di bagian “My Project History” pada menu atas saat klik avatar setelah login. Atau melalui “Browse” berdasarkan kategori atau mengetikkan nama proyek di kolom “Search”.

Apabila inisiator tidak dapat menyelesaikan proyek seperti yang dijanjikan, apa yang harus dilakukan?

Apabila inisiator tidak dapat menyelesaikan proyek seperti yang dijanjikan, tanggung jawab ada pada inisiator untuk menjalin komunikasi dengan sponsor dan menentukan tindakan lebih lanjut sesuai perjanjian.

Bila proyek telah berhasil didanai, bagaimana inisiator menerima uang?

Seluruh dana sponsor akan masuk dalam rekening IdeaConnect. Apabila proyek telah mencapai dana sponsor sesuai target, barulah IdeaConnect menyerahkan dana sponsor kepada inisiator. Dana yang diberikan kepada inisiator terlebih dahulu dipotong sejumlah biaya operasional untuk IdeaConnect. Keterangan mengenai besaran potongan biaya operasional dapat dilihat pada bagian ‘Fund Policy’

Bolehkah inisiator mencari dana dari sumber lain dengan proyek yang sama?

Proyek sepenuhnya adalah milik inisiator sehingga inisiator berhak mencari dana dari sumber lain selain sponsor yang datang melalui IdeaConnect. Perlu dicatat, apabila inisiator gagal mencapai target dana di IdeaConnect, seluruh dana yang terkumpul akan dikembalikan kepada sponsor. Jadi jika nominal yang dibutuhkan besar, akan lebih rasional jika didapatkan dari beberapa sumber.

Apakah inisiator dapat mencoba ulang proyek yang sama bila sebelumnya gagal memperoleh dana?

Inisiator disarankan untuk memperbarui konsep proyeknya sehingga lebih matang dan menarik bagi sponsor. Atau inisiator dapat membuat proyek baru.

Apakah proyek yang gagal memperoleh dana masih dapat diakses di IdeaConnect?

Proyek yang gagal memperoleh dana otomatis tidak ditampilkan lagi di halaman utama IdeaConnect, di halaman “Browse”, tetapi masih tersimpan dalam database. Anda dapat mencarinya di kolom ‘Search’.

Bagaimana inisiator berkomunikasi dengan sponsor?

Sponsor dan inisiator dapat berkomunikasi langsung melalui fitur messaging , halaman komentar atau melalui alamat email atau media social inisiator yang disertakan dalam materi proyek.

Informasi apa saja yang dapat diakses inisiator dari sponsor?

Informasi yang diperoleh inisiator tentang sponsor terbatas pada identitas yang termuat di IdeaConnect dan notifikasi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang sponsor, inisiator dapat melakukan kontak messaging dengan sponsor.

Bagaimana inisiator memperoleh informasi tentang sponsor untuk memenuhi reward ?

Inisiator dapat berkomunikasi langsung dengan sponsor via fitur messaging , untuk memperoleh informasi alamat pengiriman reward , atau menanyakan ukuran pakaian misalnya.

Bagaimana bentuk laporan pertanggungjawaban inisiator setelah menerima dana atau setelah proyek dijalankan?

Inisiator wajib melaporkan perkembangan proyek melalui Progress Info yang nantinya juga diakses oleh sponsor. Tulisan mengenai progress proyek, kami sarankan untuk di-update minimal seminggu sekali untuk proyek jangka pendek atau sebulan sekali untuk proyek jangka panjang. Progress Info dapat dikonfigurasi untuk dapat dilihat public atau hanya dilihat oleh sponsor.