FAQ | Idea Connect

FAQ - IdeaConnect

Bagaimana IdeaConnect bekerja?

IdeaConnect bekerja berdasarkan prinsip crowdsourcing, di mana seseorang yang sedang memerlukan bantuan bisa meminta dukungan ke 'crowd' (kumpulan orang-orang yang bersedia memberikan dukungan yang diberikan).

Ciri khas dari crowdsourcing adalah tidak adanya hubungan formal antara pemohon dukungan dan crowd (misal: diikat oleh suatu perjanjian kerjasama). Bantuan diberikan juga tanpa ikatan apapun.

IdeaConnect menjadi jembatan antara inisiator dan sponsor dalam mewujudkan suatu proyek. Inisiator menayangkan proyeknya di IdeaConnect untuk menarik perhatian para calon sponsor. Sponsor yang tertarik dengan proyek tersebut bisa memberikan dukungan berupa dana maupun mentoring. Prosedur tentang pendanaan dapat dilihat secara lengkap di Kebijakan Pendanaan. Squad IdeaConnect didukung sepenuhnya oleh tim kerja dari ECC UGM (www.ecc.ft.ugm.ac.id) dan dari pihak Fakultas Teknik UGM.

Dari mana sponsor datang?

Seluruh pengunjung IdeaConnect dapat melihat proyek-proyek yang ditayangkan. Apabila pengunjung tertarik dengan proyek tertentu, mereka dapat memutuskan menjadi sponsor. Sponsor dapat berasal dari perseorangan atau institusi, baik dari kalangan UGM maupun dari luar kampus (alumni, organisasi, yayasan, dll). Setiap orang atau institusi yang hendak menjadi sponsor harus terdaftar sebagai anggota di IdeaConnect.

Keberhasilan proyek untuk mendapatkan bantuan sangat ditentukan oleh banyaknya crowd yang mengetahui informasi mengenai proyek tersebut. Untuk meningkatkan keberhasilan ini, inisiator juga harus berusaha mempromosikan proyeknya ke orang-orang yang sekiranya dapat memberikan dukungan.

Apakah sponsor mendapatkan hak kepemilikan atas proyek?

IdeaConnect bekerja dengan prinsip "give-and-go". Pemberian bantuan dilakukan atas dasar ketertarikan, empati, atau hubungan emosional lainnya, dan bukan atas dasar perjanjian formal.

Bantuan diberikan tanpa ada persyaratan apapun.
Proyek yang ditayangkan berikut hak ciptanya adalah milik inisiator sepenuhnya. IdeaConnect menerapkan prinsip ini agar sponsor dapat membantu inisiator secara tulus dengan berbagi resource yang dimilikinya. Sponsor hanya berhak mendapatkan reward atas dukungannya atau mungkin hal lain sesuai kesepakatan dengan inisiator.

Apakah IdeaConnect menyediakan logo yang dapat diunduh untuk kepentingan sponsor, inisiator, atau pers?

Secara khusus kami tidak menyediakan file untuk diunduh. Untuk kepentingan promosi, silakan menggandakan logo IdeaConnect dan pergunakan sesuai kebutuhan Anda.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai IdeaConnect, apa yang harus dilakukan?

Anda dapat membuka halaman 'About' atau FAQ.
Selain itu, Anda dapat menghubungi kami di Graha Karir ECC UGM,
Jl. Krasak Barat No. 20, Kotabaru, Yogyakarta atau via telepon di (0274) 517728.