SEMAR Urban | Idea Connect

SEMAR Urban

by Tim SEMAR
Automotive -
8 0
  • Endorse by IdeaConnect
  • Challenger1-3 Projects Succeeded
  • Superior4-7 projects succeeded
1 proposal dikerjakan
More Biografi
Rp 9.500.000
dari target dana
Rp 9.500.000
100%
13 sponsor
Closed!
Proyek telah sukses dan dukungan telah disalurkan. Periode dukungan : 01 Oktober 2013 - 27 Januari 2014 (23:59 WIB)
SEMAR Urban merupakan kendaraan hemat bahan bakar bermesin diesel yang dikembangkan oleh Tim SEMAR UGM.

SEMAR Urban

To build an urban concept car as a research for improvement technology in making an efficient energy car in the future

Latar Belakang

Semar Urban

SEMAR merupakan salah satu produk otomotif Universitas Gadjah Mada (UGM). SEMAR dikembangkan oleh Tim SEMAR UGM yang berfokus pada bidang kendaraan hemat bahan bakar. Semenjak peluncurannya pada tahun 2010, Tim SEMAR telah tiga kali berpatisipasi dalam kompetisi Shell Eco-marathon Asia yang diusung oleh Shell. Shell Eco-marathon Asia sendiri merupakan sebuah kompetisi yang mengangkat isu global mengenai kendaraan hemat bahan bakar dan pencapain mileage yang tinggi.

Di Shell Eco-marathon Asia, Tim SEMAR telah mencetak berbagai prestasi, antara lain berhasil memperoleh The Best Ten Innovative Design (2010), The Best Technical Innovation Award (2011), The 3rd SEM Gasoline Urban Class (2011), dan The Best Video Profile in SEM Asia 2011. Prestasi tersebut semakin melejitkan nama SEMAR UGM di kancah nasional maupun internasional dan mengharumkan nama bangsa Indonesia pada event internasional.

Semar Urban

Tahun 2014 mendatang, Tim SEMAR ingin kembali berkompetisi dengan berfokus pada kendaraan urban concept bermesin diesel. Kami menerapkan pengembangan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sebagai suatu tantangan riset. Kami berharap mobil ini dapat dikompetisikan di Shell Eco-marathon Asia pada 6-9 Februari 2014 di Manila, Filipina.

Gambaran Proyek

Semar UrbanSemar UrbanSemar Urban

SEMAR Urban merupakan mobil prototipe pertama yang dikembangkan Tim SEMAR UGM untuk mobil perkotaan dengan mesin diesel. SEMAR Urban didesain mendekati bentuk mobil sesungguhnya. Kami juga melakukan riset ergonomi pada desain mobil untuk menunjang kenyamanan pengguna. Kami menggabungkan estetika desain, aerodinamika, dan pemilihan material yang ringan sekaligus kuat.

Selain itu, SEMAR Urban didesain untuk mencapai efisiensi bahan bakar maksimum, bahkan untuk desain mobil perkotaan sekalipun. Dengan struktur body monochoque dan material carbon fiber sebagai material dasar pembuatan body, SEMAR Urban mempunyai bobot yang ringan dan kuat.

Komponen-komponen SEMAR Urban 100% dikerjakan dengan CNC. Hal ini merupakan inovasi utama SEMAR Urban dari generasi sebelumnya yang menggunakan profil aluminium dan aluminium tubular. Komponen-komponen SEMAR Urban juga minim dari sambungan yang menggunakan las. Dengan demikian, secara umum komponen mobil SEMAR Urban terbebas dari tegangan sisa dan mudah untuk dilakukan assembly maupun disassembly.

Untuk mesin, SEMAR Urban menggunakan mesin diesel 220cc yang telah dimodifikasi guna meningkatkan efisiensi termal. Hingga saat ini, Tim SEMAR UGM masih melakukan tahapan riset dengan mesin diesel agar semakin efisien dan mengurangi emisi gas buang untuk kebersihan lingkungan di masa depan.

Timeline Pelaksaaan Proyek

September 2013 - Januari 2014 (4 bulan)
  • September: telah selesai proses fabrikasi dan sedang dalam proses assembly
  • Oktober: penanganan kelistrikan
  • November: riset engine
  • Desember: test drive dan pengecekan
  • Januari: pengecekan akhir dan shipping ke Manila, Filipina
  • 6-9 Februari 2014: dikompetisikan di Shell Eco-marathon Asia 2014

Kata Pesan untuk Sponsor

Donate for Our Project!

Anda akan ikut berpartisipasi dalam mewujudkan kreasi dan inovasi teknologi otomotif mahasiswa melalui Tim SEMAR UGM

LET'S DONATE FOR OUR PROJECT!

Semar Urban

Output (Mimpi Kami)

  • Dapat mengikuti kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2014 di Manila, Filipina.
  • Melampaui target mileage 150 KM/liter.
  • Mewujudkan salah satu tujuan UGM dalam merintis inovasi teknologi hemat bahan bakar bermesin diesel sebagai aksi untuk mengatasi isu global.