3 Pengusaha IT Sukses Asal Indonesia | Idea Connect
behind the scene dari :

3 Pengusaha IT Sukses Asal Indonesia

04 - November - 2015 15.02 WIB by: Admin Idea Connect
Muda dan Kaya, selalu menjadi impian bagi siapa saja. Tiga pengusaha muda berikut telah membuktikan bahwa menjadi sukses di usia muda bukan hal yang tidak mungkin. Siapa mereka..? Yuk simak kisahnya..

1.   Andrew Darwis


Pemuda 35 tahun ini dikenal sebagai salah satu pengusaha muda tersukses di Indonesia lewat forum komunitas onlineterbesar Tanah Air, KASKUS. Forum tersebut saat ini menjadi andalan publik maya, terutama anak muda untuk berbagi informasi, diskusi, hingga berbisnis jual beli. Sempat kuliah di Binus tahun 1998, Andrew melanjutkan kuliah di Seattle karena minimnya fasilitas teknologi informasi di dalam negeri kala itu. Biaya yang mahal memaksa Andrew harus mencari pemasukan sendiri sebagai web designerselama menempuh pendidikan. Tahun 1999, ia berhasil membangun KASKUS sebagai media informasi bagi orang Indonesia di luar negeri. Bermodal Rp30.000 iamendirikan website tersebut bersama dua rekannya (Ronald dan Budi). Perkembangan awalnya sangat lama (hanya dapat 3 anggota dalam seminggu). Barulah ketika internet semakin pesat di Indonesia, Andrew kembali ke Jakarta untuk mengelola situs tersebut di negara sendiri. Passion dan kerja kerasnya di dunia komputeronline membuat Kaskus kini bisa mendapatkan ratusan anggota baru per hari.


2. Ferry Unardi

Pemuda inilah yang membawa angin segar dunia travellingdigital Tanah Air. Ketika usianya baru 23 tahun, Ferry mulai berpikir untuk mengambil lebih banyak risiko selagi muda. Minatnya terhadap dunia IT sudah ada sejak lama. Ia pun melanjutkan kuliah ilmu komputer di Purdue University. Sempat bekerja di Microsoft-Seattle, masa kuliah sambil kerjanya itu kerap kali disulitkan dengan urusan penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia. Kesulitan ini mendorong Ferry mencari solusi yang menjadi cikal bakal lahirnya Traveloka. Tahun 2012, Traveloka resmi berdiri sebagai situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Kepiawaian Ferry dan timnya dalam membaca tren pasar membuatnya berhasil mengembangkan Traveloka sebagai agen travel online yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan booking hotel terbesar di Indonesia hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan.

 

3. William Tanuwijaya

Namanya semakin santer dielu-elukan terutama sejak Tokopedia (situs jual beli terbesar di Indonesia) yang didirikannya mendapat modal dari investor asing hingga 1,2 triliuntahun 2014 lalu. Sebelum berhasil mengibarkan kejayaan Tokopedia, pria kelahiran 1981 ini sempat menjadi pegawai, bahkan penjaga warnet di sela-sela waktu kuliahnya. William magang menjaga warnet supaya bisa puas internetan gratis. Waktu kerjanya tersebut membuatnya sering bolos. Ia baru lulus kuliah tahun 2013. Selama rajin internetan, William kerap kali melihat kasus penipuan online di forum jual beli. Ia ingin membantu para korban dan meyakini bahwa seharusnya penipuan bisa ditekan oleh situs penyedia layanannya. Pemikiran itulah yang menjadi cikal bakalnya mendirikan toko online profesional terbesar 



Comment
Anda harus login untuk mengkomentari artikel ini.